Pages

Monday, November 21, 2011

Andaikan Aku Jadi Presiden


Andaikan aku jadi presiden sebuah kalimat angan-agan atau bahkan sebuah mimpi bagi sebagian orang. Tapi jika hal tersebut benar-benar terjadi pada saya, maka akan ada beberapa hal yang akan saya lakukan, hal ini mungkin hasil dari ego saya dan hati nurani saya sendiri.
Hal pertama yang akan saya lakukan jika saya benar-benar terpilih jadi presiden ialah memilih menteri, kenapa? Sebab menteri ialah tangan kanan kita yang menyalurkan perintah kita kepada setiap bagian yang dipimpin oleh presiden. Tetapi saya akan sangat memperhatikan apakah menteri saya sudah sesuai dengan pos yang mereka tempati. Sebab jika saya memilih menteri atas dasar  suka atau karena dia adalah orang yang dekat dengan kita, maka bisa di pastikan bahwa tugas dia sebagai menteri akan tidak maksimal sebab dia tidak mempunyai kemampuan untuk mengepalai bagian yang tidak dia kuasai. Selain itu jika kita salah memilih menteri dampaknya akan langsung terasa pada masyarakat, jika itu terjadi maka yang kelihatan salah ialah presiden bukan menterinya,jadi yang jelek juga kita sebagai presiden. Jadi intinya pilihnya menteri dengan baik dan sesuai dengan kemampuannya dan kapasitasnya.
Setelah menteri sudah terpilih, sekarang kita lanjutkan ke program kerja yang sebelumnya sudah kita siapkan sewaktu pemilu. Kita harus bisa mewujudkan suatu pikiran dengan tindakan, sebab rakyat yang memilih kita butuh bukti bukan hanya kata-kata yang kosong tanpa tindakan. Sebagai seorang muslim kita harus bisa memenuhi janji-jnji kita, sebab janji adalah hutang.
Sekarang kita menginjak ke program kerja yang pertama yaitu meningkatkan perekonomian negara.Coba sebutkan apa yang tidak dimiliki negara kita dibandingkan negara lain? pasti hampir semuanya ada di negara kita,tapi kenapa negara kita tidak bisa maju.Sebab hampir semua kekayaan kita telah dikuasai oleh bangsa asing,sebab itu negara kita tidak merasakan dampak langsung dari kekayaan SDA kita.Ambil contoh gunung emas yang ada di Papua saat ini yang mengolah ialah perusahaan asing.Jadi bagaimana kita bisa maju kalau hampir semua SDA kita dikuasai oleh negara lain.Jadi langkah yang akan saya ambil ialah menasionalkan  SDA yang kita punya.Mungkin hal ini akan sangat berat tapi akan kita lakukan secara bertahap.Dengan demikian mungkin kita bisa merasakan dampak langsung dari SDA yang kita miliki.
Selain hal SDA saya akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi kita dengan cara meningkatnya daya beli masyaraka.Cara yang akan saya ambil adalah meningkatkan daya beli produk-produk nasional dan memberikan intensif bagi UKM,mengapa UKM? Sebab UKM adalah satu pengerak ekonomi disuatu negara,jika kita berhasil dengan UKM secara tidak langsung akan menambah pendapatan negara karena jumlah uang yang beredar akan sangat banyak.Selain itu dampak langsungnya juga dirasakan oleh masyarakat,sebab UKM biasanya ditganai langsung oleh perorangan dan  hal ini akan  meningkatkan daya beli masyarakat tersebut karena memiliki kesejahteraan yang lebih baik.
Program kerja yang kedua iyalah meningkatakan kualitas hidup rakyat.Seperti yang sudah saya bilang prioritas pertama dalam pemerintahan saya adalah rakyat,sebab rakyatlah yang telah menjadikan kita menjadi pemimpinnya.Dalam.program kerja ini saya sudah mencangkupkan       pendidikan,kesehatan,pertanian dan kesejahteraan.Mungkin program kerja ini yang akan sangat membutuhkan APBN yang paling besar.Tapi jika hal ini berjalan maka bisa saya jamin kualitas hidup  rakyat Indonesia akan meningkat.
Mungkin dari sekian banyak program kerja,yang nomer dua mungkin yang paling komplek.Sebab hal yang akan kita bahas langsung berhubungan dengan rakyat.Pertama iyalah pendidikan,.Hal ini sangat krusial,dalam program kerja ini pendidikan yang saya utamakan,sebab pendidikan merupakan tulang punggung dari sebuah negara dan masa depan bagi negara itu sendiri,saya akan benar-benar memikirkan suatu bentuk kebijakan yang akan sangat mengena bagi program pendidikan ini.Sebagaimana kita ketahui pendidikan di negeri ini merupakan barang mewah yang hanya bisa dinikmati oleh orang-orang yang mampu saja.Jadi saya akan sangat berusaha keras dengan kebijakan masalah pendidikan,sehingga tidak ada lagi kata bahwa bersekolah itu mahal.Kemudian kesehatan,saya akan membuat suatu program yang dikhususkan kepada rakyat yang kurang mampu,sebab hingga saat ini biaya untuk berobat sangat mahal,maka diperlukan suatu program yang benar-benar bisa membantu masyarakat yang kurang mampu.Pertanian merupakan hal selanjutnya yang perlu kita bahas sebab Indonesia memiliki potensi untuk menjaadi pemasok kebutuhan pokok seperti padi,kedelai,buah-buahan dll untuk diekspor ke  negara lain.Disebabkan kurangnya perhatian dari pemerintah maka sektor pertanian kita saat ini kurang berkembang bahkan untuk memenuhi kebutuhan dalam negri saja tidak bisa,ini merupakan sesuatu kegagalan dari pemerintah sekarang,jadi saya berpikir kenapa kita tidak melakukan study banding ke negara yang benar-benar terbukti berhasil dalam sektor pertaniaanya.Setelah itu kita gunakan dengan benar data dari hasil study banding tadi untuk menciptakan suatu program yang bisa digunakan untuk kamajuan sektor pertanian,kalaupun perlu kita datangkan langsung ahli dari luar negeri yang benar-benar kompeten dalam bidang pertanian.Jika hal ini bisa terwujud maka tidak mungkin sektor pertanian kita akan maju dan bisa memenuhi kebutuhan dalam negeri ataubhkan untu di ekspor ke luar negeri.Dn yang terakhir adalah bab kesejahteraan dalam program kerja ini saya akan suatu anggaran khusus yang bisa digunakan untuk membuat atau memberikan tunjangan bagi rakyat yang kurang mampu,pengemis,anak-anak jalanan dll,pokonya program ini digunakan untuk orang yang benar-benar butuh bantuan.Dalam hal ini bukan hanya uanag yang akan saya berikan tapi dalam bentuk ketrampilan dan rumah penampungan sementara.Jadi kita memberikan suatu ketrampilan yang mungkin bisa merubah kehidupan mereka.
Program kerja ketiga ialah modernisasi alutsista TNI.Keberadaan militer di suatu negara pasti akan sangat di butuhkan untuk menjaga dan sebagai nilai tawar suatu negara,selain itu jika militer suatu negara itu kuat maka tidak akan ada negara yang bermain-main dan melecehkan negara kita.Tapi akhir-akhir ini negara kita sering dilecehkan oleh negara tetangga.Sebab saat ini alutaista yang dimiliki oleh militer kita sudah sangat tertinggal dari negara tetangga kita,karena menurut pikiran mereka, jika mereka bermain-main dengan kita maka kita tidak bisa membalas tindakan mereka.Oleh karena itu saya akan memodernkan alutsista militer kita,dengan begitu tidak ada lagi yang berani dengan negara kita.Pada era 60an ketika negara kita dipimpin oleh bung karno,negara kita memiliki alutsista yang sangat modern pada era tersebut dan dampak langsungnya bisakita lihat sendiri.Pada era tersebut negara kita termasuk negara yang menjadi superpower di selatan dunia,mungkin pengaruh pemimpin juga sangat signifikan,tetapi alutsista yang kita miliki juga merupakan salah satu faktor yang sangat berpengaruh.Oleh karena itu saya sangat ingin memodernisasikan alutsista kita,dengan begitu kita tidak lagi negara yang bisa meremehkan negara kita.
Ketiga program kerja diatas terlihat sangat tidak mungkin dengan keadaan nrgara seperti saat ini selain itu ada masalah yang menghambat,yaitu biaya yang akan dikeluarkan pasti sangat banyak,oleh karena itu program kerja pertama,kedua dan ketiga sangat berhubungan.Jika semuanya berjalan lancar maka tidak mungkin Indonesia akan menjadi negara yang makmur dan dihormati lagi.

1 comment: