Pages

Friday, December 16, 2011

Bahaya Belut Listrik




Nama Ilmiah :
Kerajaan:
Animalia
Filum:
Chordata
Kelas:
Actinopterygii
Ordo:
Gymnotiformes
Familia:
Electrophoridae
Genus:
Electrophorus
Spesies:
E. electricus

            Sidat listrik atau belut listrik ( Electroporus electricus) adalah sejenis hewan air yang dapat menghasilkan listrik. Ditemukan  pertama di sungai Amazon dan juga dapat ditemukan di sungai Orinoko. Dia bisa hidup sepanjang 2,5 m. dengan berat tubuh sekitar 20 kg. 7/8 tubuhnya terdiri dari ekor.  Listrik yang dihasilkannya digunakan untuk berburu dan mencari mangsa. Listrik yang dihasilkannya itu sekitar 650 volt atau setara dengan 400 kali batu baterei.
            Bagian ekor belut adalah kutub positif dan bagian ekornya adalah kutub negative.  Dibagian ekornya terdapat baterei- baterei berupa lempengan – lempengan kecil yang tersusun horizontal and vertical. Jumlahnya sekitar 5000 buah. Tegangan listrik tiap baterei kecil tidak seberapa besar, namun jika dihubungkan secara seri  akan menghasilkan sekitar 600 volt. Energy listrik yang dihasilkan oleh belut listrik ini dapat mematikan mangsa yang berani mendekat kepadanya. Namun, bagi hewan yang tidak bersentuhan lansung dengan kepala dan ekornya tidak masalah. Belut mematikan magsanya dengan menempelkan seluruh tubuhnya ke mangsanya, dan seketika mangsanya akan mati oleh sengatan listriknya.
          Jadi klo menurut saya lebih baik kita jika menemukan belut listrik, tidak usah bermain-main atau bahkan memegangnya. Sebab jika kita terkena sengatan listriknya akan menimbulkan dampak yang bisa mengancam nyawa kita.
           
           
           
            

2 comments:

  1. buaya aja mati kena listriknya apalagi manusia . .

    ReplyDelete
  2. ya jelas lah kan masih satu tipe . . . . .
    maksudnya buaya darat lo

    ReplyDelete