Pages

Saturday, December 3, 2011

LKMM Pra TD

             Minggu lalu saya mengikuti kegiatan LKMM Pra TD.Dalam kegiatan tersebut saya membuat sebuah esai dengan judul PATRIOT. PATRIOT dalah singkatan dari Prestatif,Aktif,Tanggap,KritisVisioner,Tanggung Jawab. Dan inilah isi esai saya mengenai PATRIOT.



PATRIOT
(Prestatif,aktif,tanggap,kritis,visioner,tanggungjawab)

            Patriot adalah suatu sikap mencintai, membela tanah air dan mengabdikan segalanya untuk tanah air dan negeri tercinta . Sikap Patriot seharusnnya dimiliki oleh setiap individu , karena dengan adanya sikap Patriot akan membangun individu individu yang memiliki jiwa prestatif, aktif, tanggap,kritis,visioner,dan tanggugjawab. Dengan adannya sikap inilah akan membangun Negara yang bangsanya memiliki jiwa yang berkepribadian luhur dan berbudi luhur. Dan derngan ini diharapkan Negara kita akan maju dan tidak terbelakang, karena individunnya pun  sudah memiliki jiwa patriot.
            Yang dimaksud jiwa patriot ini adalah
·         Prestatif
  Prestatif adalah sikap selalu ingin maju, pantang menyerah,dan ingin mencapai segala sesuatu yang dia inginkan. Dia selalu ingin berusaha dan terus berusaha walaupun dia harus mengorbannya hidunnya sekalipun. Bagi individu yang memiliki sikap ini dia ingin selalu berusaha untuk mendapatkan yang terbaik. Dia tidak ingin dirinnya diacuhkan jika dirinnya tidak mencapai sesuatu yang dia inginkan. Manusia prestatif selalu menggunakan potensi yang dia miliki sampai titik puncakknya. Mereka selalu berambisi untuk selalu maju dan maju demi tercapai cita- cita mereka. Individu yang memiliki sikap prestatif itu bias dibilang individu yang kreatif , karena dia selalu mengeluarkan ide ide atau gagasan yang membangun demi suatu kemajuaan.
·         Aktif
   Aktif adalah suatu sikap yang  tanggap akan adanya suatu rangsangan. Individu ini selalu tanggap tentang apa yang terjadi di lingkungannya , dan selalu ingin mengubah jika ada suatu hal yang dirasa kurang pas dihatinnya. individu yang memiliki jiwa aktif  adalah individu yang selalu aktif dalam urusan umum bukan pribadi , maksudnya selalu aktif dalam suatu kegiatan yang bermanfaat bagi umum, aktif dalam musyawarah, aktif dalam lingkungan dll.
·         Tanggap
   Sikap tanggap hampir sama dengan sikap aktif . Tanggap adalah sikap yang berhubungan dengan perasaan jiwa tiapa individu , berhubungan dengan emosi . sikap tanggap adalah sikap yang mendorong suatu individu untuk aktif jika ada suatu hal. Atau dalam arti lain adalah sikap peduli, peka terhadap suatu hal.  Misalnya tanggap bencana alam dll. Sikap tanggap adalah suatu emosi yang menggerakkan atau mendorong dirinnya untuk melakukan suatu hal.
·         Kritis
   Sebagai kaum intelektual kiata harus menanamkan sikap kritis diantaranya adalah speduli, peka, tanggap dalam mengeluarkan kata- kata yang keluar didalam mulutnya. Sikap kritis adalah sikap selalu mengomentari tentang sesuatu yang dianggapnya tabu dan tidak sesuai dengan logika.
Kritis yang membangun , bukan kritis yang menghina, memaki dll. Dalam mengelurkan sikap kritisnnya setiapa individu diharapkan selalu berpedoman dan memegang teguh prinsip etis, (sesuai norma ), analitis, dan solutif . diharpkan setiap individu terutama kita sebagai mahasiswa harus memiliki sikap kritis. Karena jika memiliki sikap kritis atau karakter ini individu akan mendapatkan julukan sebagai mahasiswa sejati.
·         Visioner
   Sebagai mahasiswa yang akan mengantikan generasi yang telah tua,maka diharuskan memililiki sikap visioner,yaitu sikap yang mempunyai pandangan kedepan.Sehingga jika kita diharuskan menjadi seorang pemimpin maka kita sudah tau apa yang harus dilakukan dengan mempunyai sikap visioner
·         Tanggugjawab
   Tanggup jawab adalah sikap yang harus dimiliki oleh setiap individu. Sikap ini harus dimiliki oleh setiap individu agar dirinnya dipercaya oleh oranglain. Sikap tanggung jawab  adalah sikap dimana seseorng jika bersalah maka dirinnya akan mempertanggungkan apa yang telah dia lakukan.dengan adannya sikap tanggugjawab diharapkan setiap individu bertanggung jawab untuk negeri ini , untuk selalu menjaga dan memakmurkan tanah air tercinta.
             Dengan adanya sikap patriot diatas diharapkan generasi penerus bangsa memiliki sikap diatas , agar negeri ini lebih maju dan tidak dapat dijajah oleh bangsalain.

3 comments: