Pages

Wednesday, December 21, 2011

KRI Irian Kapal Terbesar Indonesia di Masa Lalu

KRI Irian


Pasti banyak yang belum tau tentang sejarah KRI Irian, kapal ini pernah menjadi bagian dari armada laut TNI AL dan mendapat gelar sebagai kapal terbesar yang pernah di opersaikan di Indonesia.
KRI Irian adalah kapal jenis battlecruiser yang dibuat khusus untuk AL Rusia,sebanyak 13 unit jenis kapal ini yang dibangun dan kemudian salah satunya dibeli oleh Indonesia. Kapal ini dibuat di Admiralty Yard, Leningrad. Peletakan lunas pertama dilakukan tanggal 9 Oktober 1949, diluncurkan tanggal 17 September 1950, dan pertama kali dioperasikan tanggal 30 Juni 1952.Kapal ini sebelum datang ke indonesia,mengalami berbagai perubahan, bahkan Rusia sebenarnya membuat program khusus untuk hal ini, tetapi karena biaya untuk program ini sangat mahal, maka pemerintah Indonesia lebih baik mengambil apa yang sudah ada, tetapi dengan sedikit penyesuaian. Kapal ini dari awal dirancang untuk tahan terhadap iklim Rusia dan tidak dirancang untuk iklim Indonesia, dengan kelembapan dan panas yg berbeda,akan mempengaruhi daya tahan dan cara perawatan kapal ini. Hal ini mungkin menjadi salah satu penyebab kenapa kapal ini tidak lama dinas di TNI AL, hal lain yang juga mempengaruhi mungkin karena biaya operasional kapal ini yg sangat besar pada saat itu.
Tujuan kapal ini dibeli pemerintah Indonesia adalah untuk merebut Irian Barat dari tangan Belanda. Pada saat itu dengan kehadiran KRI Irian, alutsista yang dimiliki oleh TNI menjadi yang terkuat di bumi bagian selatan. Bahkan Belanda mulai saat itu juga mengurangi frekuensi kapalnya yang berpatroli di daerah laut Indonesia.Dan pada akhirnya membawa Indonesia memenangkan pertempuran ini, ya meskipun pertempuran yang sebenarnya dengan melibatkan pertempuran kapal perang dan alutsista yang lain tidak pernah terjadi,tetapi dengan adanya KRI Irian memeberi nilai plus bagi Indonesia,sebab pada saat itu Belanda akan berpikir ulang untuk menyerang Indonesia. Dengan kehadiran KRI Irian, armada laut Indonesia pasti bisa memukul mundur armada laut Belanda yang ada di Indonesia.
Jika ada awal pasti juga ada akhir, begitu juga dengan KRI Irian.Dengan dana perawatan yang terbatas dan mekanik-mekanik yang bisa memperbaikinya juga kurang. KRI Irian mengalami kerusakan,pada saat itu pilihan yang  isa diambil adalah mengembalikan KRI Irian ke Rusia. Teatapi ada kabar lain yang mengatakan bahwa KRI Irian tidak di kembalikan ke Rusia tetapi di besi tuakan oleh pemerintah,sebab kerusakan yang dialaminya sudah sangat parah.

2 comments: