Pages

Friday, December 16, 2011

Manfat Gerakan Wudlu





            Sering kali kita menganggap gerakan shalat dan wudlu sebagai suatu hal yang biasa dan tidak tabu lagi. Wudlu bukan hanya untuk membersihkan  anggota tubuh yang zahir , bukan juga sekedar mensucikan tubuh secara teratur , tapi pengaruh kejiwaan dan kemuliaan ruh dapat dirasakan setelah berwudlu
            Wudlu mempunyai peranan penting bagi umat muslim.menjadikan umat muslim menjadi segar, bersemangat, dan terasa bersinar. Beberapa ilmuwan mengadakan penelitian tentang manfaat berwudlu , yaitu :

Berkumur
Para peneliti mengunggkapkan bahwa berkumur dapat menjaga mulut dari bakteri dan radang. Membersihkan gigi, menghilangkan sisa, sisa makanan yang kita makan. Dan juga berfungsi menguatkan otot- oto wajah dan mejaga kesegaran mulut.

 Membasuh hidung
Penelitian membuktiakan bahwa  seseorang yang membasuh hidung secara kontinyu akan menjaga hidung dan membersihkan hidung dari kototan, debu dan bakteri karena hidung adalah lubang yang rawan dimasuki oleh penyakit.

Membasuh wajah dan telapak tangan
Manfaatnya adalah bias membersihkan kotoran maupun keringat. Selain itu membasuh wajah juga menjadikan wajah tetap awet muda dan berseri- seri. Dan usahakan dalam membasuh wajah mata jangan terpejam, sebab berfungsi juga sebagai terapi mata, menjadikan mata lebih segar.

Membersihkan telapak kaki
Dengan membersihkan kaki dengan memijatnya secara baik dapat menyebabkan perasaan rileks dalam jiwa. Selain itu juga berfungsi membersihkan kotoran dan membersihkan perasaan kita , sebab kaki digunakan untuk menginjak, entah menginjak tempat yang baik maupun buruk

Jadi sebenarnya wudlu itu memiliki manfaat yang baik umtuk tubuh kita.



1 comment: