Pages

Saturday, December 3, 2011

Leopard 2 Ketangguhan "Panzer" Modern

File:Leopard 2 A5 der Bundeswehr.jpg

Tank Leopard 2 merupakan tank buatan Jerman yang bisa disebut tank teknologi terakhir yang paling sukses.Telah diproduksi lebih dari 1800 unit dan dipakai oleh kurang lebih 15 negara.Sejarah pengembangan tank ini sangat panjang.Berawal dari kerja sama antara Jerman dan AS untuk membuat sebuah tank yang baru dan memiliki teknologi canggih.Tetapi di tengah jalan AS memutuskan untuk keluar dan membuat tanknya sendiri.Pada akhirnya Jerman sendiri yang meneruskan proyek tank ini.
Pada bulan September 1977,pemerintah Jerman memutuskan untuk memproduksi kurang lebih 1800 unit tank ini.Produksi ini terbagi menjadi beberapa batc(bagian). Pengiriman pertama terjadi pada tahun 1979 dan pada tahun 1982 batc pertama Leopard 2 kemudian seterusnya sampai batch terakhir.Pada batc terakhir ini Leopard 2 telah dilengkapi dengan teropong malam dan beberapa perbaikan.
Beberapa Modelnya :

1.      Leopard 2
Ini merupakan produksi awal,diproduksi dari awal Oktober 1979 sampai Maret 1982.Dalam model awal ini masih memiliki teknologi yang belum terlalu disempurnakan.

2.      Leopard 2A1
Pada produksi dengan kode A1 ini terdapat perbaikan pada bagian teropongnya,yaitu penambahan pada teropong penglihat panas.Selain itu terdapat perbaikan pada bagian rak amunisi.

3.      Leopard 2A2
Batch ini mengalami perbaikan yang meliputi bagian tempat bahan bakar,teropong jenis baru dan beberapa perbaikan pada pelindung luarnya

4.      Leopard 2A3
Pada bagian ini tank sudah mengalami beberapa perbaikan lagi,yaitu pada sistem radionya yang sudah serba digital.

5.      Leopard 2A4
Pada tipe ini terjadi perubahan yang paling mencolok,perubahan terdapat pada penempatan teknologi penembakan dan ledakan otomatis,sistem penembakan yang serba digital yang  menyebabkan kemampuan menembakkan amunnisi jenis baru

6.      Leopard 2A5
Pada 2A5 terdapat lagi perubahan besar,yaitu turent yag berganti model dari kontak menjadi shape sehingga bisa menyerap energi dari hantaman proyektil,selain itu penambahan armor pada bagian depan tank.

7.      Leopard 2A6
Pada tank ini terjadi perubahan pada meriamnya serta penambhan paa perlindungan kru yang berada di dalam tank

8.      Leopard 2 PSO
File:Leo2pso 009.jpg

Variant terbaru ini merupakan pengembangan dari seri 2A6,pada bagian ini perubahan yang terjadi pada pelindung yang sudah melingkupi seeluruh tank,penambahan kamera untu melihat sekeliling tank serta senjata yang tidak mematikan,serta penambahan bilah buldoser
  


Sumber: KASKUS dan Wikipedia

No comments:

Post a Comment